Tipe Darah Para-Bombay

Dalam sistem ABO, terdapat 4 tipe darah, yaitu A, B, O dan AB. Berdasarkan sistem penggolongan darah tersebut, orang tua yang bertipe darah AB tidak dimungkinkan memiliki anak dengan tipe darah O. Akan tetapi hal ini mulai terbantahkan ketika ditemukannya jenis tipe darah baru yaitu O Bombay (dibaca: Oh).

Tipe darah O Bombay merupakan tipe darah yang SANGAT JARANG ditemukan. Pertama kali tipe darah ini ditemukan di Bombay (India Timur) tahun 1950. Tipe darah bombay ini merupakan tipe darah yang tidak memiliki ekspresi antigen sistem ABO dipermukaan sel darahnya. Jika diperiksa dengan sistem biasa maka akan muncul tipe darah O namun tidak bisa menerima transfusi dari tipe O karena memang sebenarnya berbeda. Tipe darah type type Bombay adalah tipe darah dengan fenotipe hh atau mereka tidak mengekspresikan antigen H/substansi H (antigen yang terbaca sebagai tipe darah O). Suatu kejadian langka karena presentasi kejadian ini sangat kecil, mengingat substansi H adalah sangat dominan dibanding h. Orang-orang bertipe darah bombay HANYA DAPAT menerima donor darah dari orang yang memiliki tipe darah bombay juga, kalau tidak akan terjadi aglutinasi (penggumpalan) di dalam darah.

Pada tahun 1978 telah ditemukan 2 kasus tipe darah O Para Bombay di Indonesia. Kasus ini terungkap ketika ada pasien yang akan menjalani operasi di Jakarta pada saat itu mempunyai tipe darah O tetapi ketika di tes cross dengan tipe darah O normal mengalami aglutinasi/penggumpalan (tes cross biasa dilakukan sebelum dilakukan transfusi untuk melihat kompatibilitas darah donor dan resipien). Pada akhirnya PMI Pusat jakarta berhasil mendapatkan bantuan darah bertipe O Bombay dari PMI Australia.

Proporsi kemunculan tipe darah ini adalah 1:250.000 yang artinya tiap 250.000 orang hanya ada satu orang bertipe darah Bombay.

Jika anda mempunyai tipe darah Bombay sebaiknya anda segera ke PMI dan menyimpan darah anda agar tidak kesulitan jika sewaktu-waktu anda membutuhkan.

Sampai tahun 1969 sudah ditemukan hampir 30 kasus Bombay Blood di seluruh dunia (tidak termasuk kota Bombay).

KOMPATIBILITAS TRANSFUSI
Individu dengan phenotype tipe darah Bombay hanya dapat di transfusi dengan darah dari individu lain dengan Phenotype Bombay. Kasus ini jarang terjadi, seseorang dengan tipe darah ini untuk keperluan transfusi tidak segera dapat ditanggulangi seperti biasa, karena tidak adanya stok darah yang tersedia. Untuk itu perlunya penyediaan stok pada unit transfusi darah tertentu. Dan hal tersebut belum dilakukan di Indonesia.

GENETIK
Pasien dengan tipe darah O mungkin memiliki genetik tipe darah O Bombay, hal ini karena diturunkan memiliki resesif allel pada gen H dan tidak memproduksi H karbohidrat yang menjadi prekursor antigen A dan B. Secara umum penyebaran tipe darah O Bombay ini dapat terjadi karena proses perkawinan dalam satu keluarga.

sumber: http://www.gerakanberbagi.com/apa-sih-gol-darah-para-bombay/

Tinggalkan komentar